Senin, 02 September 2024

Telaah Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL)

 Pada bagian ini kita akan menelaah rancangan pembelajaran dengan pendekatan TaRL, maka saya harus mempersiapkan RPP/ Modul Ajar yang saya miliki untuk di telaah. Berikut ini RPP / modul ajar yang telah saya buat.

Modul Ajar

A.    Tujuan Pembelajaran

Ø Pemahaman yang diharapkan

1)      Peserta didik dapat menerapkan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif untuk menyederhanakan ekspresi pangkat.

2)      Peserta didik dapat menyederhanakan ekspresi yang memuat pangkat pecahan dan pangkat negatif.

Ø  Asesmen awal (kognitif)

1)   Eksponen (bilangan berpangkat) merupakan perkalian yang berulang ulang

·      Benar

·      Salah

2)        Hasil pangkat dari 23 adalah ….

a. 8

b16

c. 64

d.128

3)        Dari pernyataan berikut ini kalian lebih memilih kata apa …

·                    Mendengarkan musik

·                    Menonton video di youtube

·                    Membaca buku atau berita

 

B.     Asesmen Pembelajaran

Ø  Asesmen awal (Diagnostik) dilakukan lebih pada kognitif

Ø  Asesmen Formatif

Asesmen Asesmen Tradisional menggunakan teknik tes tulis (menjawab pertanyaan benar / salah dan juga pilihan ganda bilangan berpangkat menggunakan sifat – sifat bilangan bilangan berpangkat)

 

Ø  Asesmen Sumatif

Asesmen Asesmen Tradisional menggunakan teknik tes tulis (menjawab pertanyaan esai bilangan berpangkat menggunakan sifat – sifat bilangan bilangan berpangkat)

C.     Aktivitas Pembelajaran

1)   Pendahuluan

a.    Guru memulai pembelajaran dengan melakukan asesmen awal (kognitif)

b.    Guru melakukan penilaian dan mengelompokkan peserta didik sesuai minat, kebutuhan dan gaya belajarnya.

c.    Guru merancang kembali pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen awal, siswa dibuat kelompok sesuai dengan kemampuannya.

d.   Membuat kesepakatan kesepakatan terkait durasi waktu.

2)   Kegiatan Inti

a.       Eksplorasi

                                        i.     Peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan studi pustaka berdasarka gaya belajar (browsing, video youtube, dan/atau buku) guna mengeksplorasi terkait dengan sifat – sifat eksponen beserta dengan contohnya.

                                      ii.     Guru mengarahkan peserta didik untuk menyimak, menggulangi, mempelajari, dan menuliskan hasil dari studi pustaka.

 

b.         Diskusi

                                        i.     Setelah menyimak, menggulangi, mempelajari, dan menuliskan dari studi pustaka terkait dengan bilangan berpangkat dari browsing, video youtube, atau buku pembelajaran peserta didik berdiskusi dengan satu kelompoknya.

                                      ii.     Guru memberikan penguatan terkait materi yang sedang dipelajari dan cara pengunaan dari sifat – sifat bilangan berpangkat.

                                    iii.     Peserta didik mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru, sesuai dengan kemampuannya.

                                    iv.     Guru dan peserta didik membahas soal yang telah dikerjakan secara bersama – sama.

                                      v.     Guru melakukan tes sumatif diakhir pembelajarn terkait dengan materi yang sudah dipelajari

3)   Penutup

a.    Guru membuat kesimpulan dan melakukan refleksi pembelajaran

b.    Guru memberikan pujian dan umpan balik positif dari partisipasi dan usaha peserta didik.

c.    Guru mengingatkan peserta didik untuk selalu belajar

                                                                                    

Setelah memperhatikan dari RPP / modul ajar yang saya buat maka selanjutnya adalah menelaah. Adapaun hasil telaah dari RPP / modul ajar adalah sebagai berikut.

 Tabel 3.1 Telaah rancangan pembelajaran berbasis pendekatan TaRL

Komponen Pembelajaran

Hasil Telaah

Contoh:

Tujuan pembelajaran

Contoh:

Menggambarkan kebutuhan peserta didik yang beragam

Tujuan pembelajaran

Tujuan pembelajaran sudah cukup jelas, namun masih dalam bentuk tujuan yang umum kurang terperinci bisa ditambah lagi untuk kompetensi yang ingin dicapai.

Asesmen awal

Asesmen awal sudah mencakup pengetahuan, keterampilan, dan minat siswa.

Asesmen formatif

Asesmen formatif dilakukan ketika siswa sudah mempelajari materi dan latihan soal.

Asesmen sumatif

Untuk mengukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran diakhir pembelajaran dilakukan asesmen sumatif.

Kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil asesmen awal

Pada modul ajar yang telah disampaikan secara keseluruhan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan pembelajaran berbasis TaRL dimana ada tujuan pembelajaran, asesmen, dan aktifitas pembelajaran. Diawal pembelajaran guru melakukan asesmen awal, dilanjutkan menilai dan memetakan untuk membentuk kelompok. Peserta didik diajak untuk memperhatikan soal yang diberikan oleh guru, dilanjut mengerjakan soal sesuai kemampuannya, dan diakhir pembelajaran guru melakukan asesmen sumatif untuk mengukur ketercapaian dari tujun pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar