1.Penyimpangan ahlaq kepada allah
Yaitu melakukan hal yang dilarang dan tidak
menjalankan perintah allah Swt.
A.Terjadinya Syirik
Pada saat ini saya melihat banyak sekali melihat orang yang melakukan perbuatan syirik.Dimana orang tersebut sadar atau tidak sadar melakukannya dan biasa dilakukan oleh orang yang lemah imannya dan masih kuat tradisi adat budaya masyarakat orang itu tinggal.Adapun pengertian syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah dalam apa juga bentuk sama ada perkataan, pegangan, perbuatan dan iktiqad iaitu dengan menjadikan suatu yang lain iaitu makhluk bernyawa atau tidak sekutu bagi Allah.
Menyekutukan Allah jelas dianggap syirik apatah lagi perbuatan mengaku diri sebagai tuhan. Lebih mengundang bahaya apabila golongan ini ada di dalam masyarakat sama ada diketuai orang Islam atau bukan Islam.
Firman Allah yang bermaksud:
“Barang, sesiapa yang mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lain, maka sesungguhnya Allah haramkan kepadanya syurga dan tempat kembalinya ialah ke neraka.” – (Surah al-Ma’idah, ayat 72)
Firman-Nya lagi yang bermaksud:
“Bahawa sesungguhnya Allah tidak akan mengampunkan dosa seseorang yang syirik kepadanya dan Allah akan mengampunkan kepada sesiapa yang Dia kehendaki iaitu selain dari dosa syirik. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” – (Surah an-Nisa’, ayat 48)
Dalam surah yang sama, ayat 116, Allah mengulangi kembali dosa besar syirik melalui firman-Nya yang bermaksud:
“Bahawa sesungguhnya Allah tidak akan mengampunkan dosa seseorang yang syirik kepadanya dan Allah akan mengampunkan kepada sesiapa yang Dia kehendaki iaitu selain dari dosa syirik. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.”
Dalam surah Luqman, Allah berfirman yang bermaksud:
“Sesungguhnya syirik itu adalah satu kezaliman yang amat besar.” – (Surah Luqman, ayat 13)
Penegasan bahaya syirik tidak terhenti setakat itu saja, malah ditegaskan lagi melalui sabda Rasulullah SAW yang bermaksud: “Tidakkah pernah aku nyatakan kepada kamu mengenai dosa yang paling besar? Baginda mengulanginya sebanyak tiga kali. Sahabat menjawab: Sudah tentu wahai Rasulullah. Sabda baginda: Syirik kepada Allah dan menderhaka kepada kedua ibu bapa. Ketika itu Baginda bersandar dan kemudian baginda duduk. Sabda Baginda lagi: Perkataan yang palsu dan penyaksian yang palsu.”
Jenis syirik
Syirik dibahagikan kepada dua iaitu syirik khafi (tersembunyi) dan syirik jali (terang dan nyata).
Syirik jali ialah syirik yang terang, nyata dan besar yang boleh
menyebabkan seseorang itu dianggap jatuh ke tahap kufur. Syirik ini boleh
berlaku melalui salah satu daripada tiga keadaan iaitu:
- Menerusi i’tiqad seperti meragui atau menafikan kewujudan Allah. Justeru, mana-mana fahaman yang meragui dan menafikan kewujudan Allah seperti fahaman komunis dan ateis adalah jelas syirik.
- Menerusi perbuatan atau amalan tertentu seperti menyembah patung, berhala, batu, pokok, matahari, bulan bintang atau objek tertentu. Perbuatan memuja nasib dan meminta nombor ekor di kubur tertentu atas dakwaan kubur itu keramat juga adalah unsur syirik. Bahkan ulama menjelaskan perbuatan terlalu memuja dan mendewakan orang atau pemimpin tertentu juga adalah perbuatan syirik.
- Menerusi lidah atau perkataan seperti menghalalkan perkara haram dan mengaku keluar daripada agama Islam. Termasuk dalam kategori ini ialah perkataan yang boleh menyebabkan terbatal syahadah seseorang Muslim.
Syirik khafi ialah syirik yang kecil dan tersembunyi yang menyebabkan
hilang atau luputnya pahala seseorang. Syirik itu banyak berkaitan dengan
perbuatan riak di dalam beramal atau melakukan sesuatu perkara.
Perkara itu jelas disebut dalam al-Quran
melalui firman Allah yang bermaksud:
“Barang siapa yang berharap untuk bertemu
dengan Allah (di hari akhirat kelak), maka hendaklah dia melakukan amal salih
dan janganlah dia mempersekutukan Allah dengan sesuatu di dalam ibadatnya.” – (Surah
al-Kahfi, ayat 110)
Maksud syirik di dalam beramal
seperti dalam ayat itu ialah menunjuk-nunjuk ketika beramal atau riak di dalam
beramal.
Rasulullah SAW dalam sabdanya pernah
menasihatkan sahabat supaya berhati-hati dan menjauhi syirik kecil, lantas
ditanya oleh sahabat apakah yang dimaksudkan dengan syirik kecil itu. Maka Rasulullah
menjawab, syirik kecil yang dimaksudkan ialah riak dalam beramal.
Allah menjelaskan bahaya syirik
khafi dalam firman-Nya yang bermaksud:
“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu
dan kepada nabi-nabi terdahulu sebelummu, jika kamu mempersekutukan Tuhan,
nescaya akan terhapuslah segala amalanmu dan tentulah kamu termasuk di kalangan
orang yang rugi.” – (Surah az-Zumar, ayat 65)
Firman Allah lagi yang bermaksud:
“Barang siapa yang mempersekutukan sesuatu
dengan Allah (tidak ikhlas kepada-Nya dalam beramal), maka adalah dia
seolah-olah telah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung atau diterbangkan
angin ke tempat yang jauh.” – (Surah al-Hajj, ayat 31)
Melihat kepada situasi hari ini,
ternyata amalan mensyirikkan Allah sama ada syirik jali atau khafi berlaku
secara sedar atau tidak. Walaupun daripada kalangan orang Islam tidak menyembah
berhala, tetapi mereka terdedah kepada perbuatan syirik.
Kepercayaan kepada tempat keramat,
keyakinan secara membuta tuli terhadap bomoh atau dukun, penggunaan tangkal dan
azimat, menyembah kemewahan dunia dan material, keyakinan rezeki seperti gaji
dan upah datang daripada manusia dan bermacam lagi adalah antara amalan yang
menjurus kepada syirik.
Gejala syirik khafi tidak kurang
hebatnya dengan berleluasanya gejala riak, beramal untuk manusia, perasaan
dengki, mengharap reda manusia, bermuka-muka, tidak ikhlas, menandakan amalan
syirik memang menguasai hidup umat Islam kini.
Langkah mesti dilakukan bagi
mengelakkan ia daripada terus membarah di dalam hidup manusia. Langkah seperti
penerangan mengenai bahaya syirik menerusi seminar, ceramah, bengkel dan
seumpamanya. Anggota masyarakat mesti didedahkan dengan bahaya syirik supaya
mereka dapat membezakan apakah pekerjaan dan perkataan mereka selama ini
mengandungi unsur syirik atau sebaliknya.
Tinjauan
Banyak
sekali orang masih meminta pertolongan kepada selain allah
Seperti
yang saya lihat di lampung ,mesuji khususnya banyak orang yang pergi malam malam ke tempat tempat yang di
anggap keramat , untuk meminta sebuah nomor yang akan di pasang pada sebuah
lotre (togel) agar nomor tersebut bisa membawa keberuntungan untuk dirinya.
Yang berarti orang tersebut menduakan allah atau juga syirik. (edi
siswanto)
BENTUK-BENTUK SYIRIK
Syirik dalam al-Qur’an dan as-Sunnah
bukan hanya sujud kepada berhala saja, sujud kepada berhala merupakan salah
satu dari bentuk-bentuk syirik yang sangat banyak bentuknya, diantaranya:
- Meyakini bahwa ada yang memiliki kekuatan atau dapat memberi manfaat dan madharat selain Allah SWT (QS 2/102).
- Mendekatkan diri dengan memuja kepada sesuatu dengan keyakinan bahwa dengan sesuatu itulah ia dapat mendekatkan dirinya kepada Allah SWT (QS 39/3).
- Memohon pertolongan kepada orang mati, ruh, atau jin untuk memudahkan urusannya (QS 10/18, 72/6).
- Cinta (mahabbah) dan loyalitas (wala’) yang salah. Cinta dan loyalitas hanya boleh diarahkan kepada Allah SWT, Rasul SAW dan orang-orang yang beriman dan bertakwa dan tidak boleh diarahkan kepada: Orang-orang yang menentang agama Allah SWT (QS 58/22) dan orang-orang yang mengejek hukum-hukum Allah SWT (QS 5/57). Jika ia mencintai sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT atau karena lebih mencintai sesuatu sehingga ia berani melanggar hukum Allah maka ia telah syirik (QS 2/165, 9/24).
- Beranggapan bahwa aturan/hukum buatan manusia lebih baik dari hukum Allah SWT atau menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal (QS 9/31, 16/35, 42/21, 4/65).
- Sihir (QS 10/81). Dari Bujalah bin ‘Abdah berkata bahwa Umar ra telah mengirim surat kepada para gubernurnya untuk menghukum mati para tukang sihir.
- Perdukunan (QS 6/59, 27/65). Barangsiapa yang mendatangi dukun dan membenarkan apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad. (HR Abu Daud)
- Bersumpah dengan selain Allah: “Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah, maka ia telah syirik.” (HR Tirmidzi).
- Menggantungkan jimat yang isinya selain ayat al-Qur’an. Barangsiapa menggantungkan jimat (tamimah) maka ia telah syirik. (HR Ahmad); Jika berupa ayat al-Qur’an, maka ada yang membolehkan dan ada yang melarang.
- Mantera dan jampi-jampi. Sesungguhnya bermantera (ar-ruqa’), dan jimat (tama’im) dan pekasih/pelet (at-tiwalah) adalah syirik. (HR Ibnu Majah)
- Menyembelih untuk selain Allah. Bersabda nabi SAW: Ada seorang yang masuk naar karena lalat dan seorang lainnya yang masuk jannah karena lalat. Maka para sahabat ra bertanya: Bagaimana bisa begitu wahai Rasulullah? Maka jawab nabi SAW: Dua orang lelaki lewat pada suatu kaum yang memiliki berhala yang tidak boleh dilewati tanpa berkorban sesuatu. Maka kaum itu berkata kepada lelaki yang pertama: Sembelihlah kurban! Jawab lelaki tersebut: Aku tidak punya sesuatu untuk dikorbankan. Maka kata kaum tersebut: Berkurbanlah walau hanya dengan seekor lalat! Maka lelaki itu melakukannya dan ia bisa lewat dengan selamat, tetapi ia masuk naar. Maka hal yang sama terjadi pada lelaki yang kedua, saat diminta berkurban ia menjawab: Aku tidak akan berkurban kepada sesuatu pun selain Allah ‘Azza wa Jalla, maka lelaki yang kedua ini dipenggal kepalanya oleh mereka dan ia masuk jannah. (HR Ahmad)
- Merasa sial karena sesuatu apapun: Kata nabi SAW: Barangsiapa yang tidak jadi melakukan sesuatu karena merasa sial, maka ia telah syirik. Maka para sahabat ra bertanya: Lalu bagaimana kafarat dari hal tersebut wahai Rasulullah? Maka jawab nabi SAW: Katakanlah : Allahumma la khaira illa khairaka wala thiyara illa thiyaraka wala ilaha ghairaka. (HR Ahmad)
- Syirik kecil yaitu riya’ (QS 18/110): Merasa senang saat orang lain melihat perbuatan baiknya dan menambahinya, dan merasa malas saat tak ada yang melihatnya dan menguranginya. Kata nabi SAW: Yang paling aku takutkan terjadi atas kalian adalah syirik kecil, maka kata para sahabat ra: Apakah itu syirik kecil wahai Rasulullah? Jawab nabi SAW: Riya’. (HR Ahmad dan Abu Daud)
DAMPAK SYIRIK
- Memadamkan cahaya fithrah yang bersih. Manusia dilahirkan berada dalam fithrah tauhid yang suci, maka orangtua, lingkungan dan hawa nafsunyalah yang memadamkan fithrah tersebut dari tauhid yang lurus (QS 30/30).
- Mematikan kesucian jiwa. Jiwa yang bertauhid takkan tenggelam dalam lumpur hawa nafsu, karena hawa nafsu bersifat menurunkan jiwa manusia kebumi sementara ruh mengangkat ke langit dan melihat ke alam malakut. Maka jiwa yang melakukan syirik akan jatuh ke jurang kerendahan dan kehinaan (QS 22/31).
- Menghilangkan sifat ‘izzah (kemuliaan). Karena membuat jiwa menjadi tunduk kepada sesuatu selain Allah SWT yang rendah dan hina. Kemuliaan itu hanya milik Allah, Rasul-Nya dan orang beriman (QS 63/8). Seorang yang berbuat syirik takkan pernah memiliki kemuliaan dan takkan pernah merasakannya karena ia telah bersandar kepada sesuatu yang rendah dan hina (QS 22/73).
- Menggugurkan semua amal baik (QS 39/65). Dosa yang paling besar dan paling dahsyat bahayanya adalah syirik, karena syirik langsung menyentuh nilai-nilai tauhid yang paling mendasar dan aspek ketuhanan yang paling penting dalam agama Islam, yaitu pengakuan syahadah akan ke-Maha Esa-an Allah SWT dari segala sekutu dan tandingan.
- Kekal dan abadi di naar (QS 4/116-121). Maka sebagai hukumannya pun paling berat yaitu kekal di naar, dan tidak mendapatkan kesempatan pengampunan sama sekali dari Allah SWT, padahal Ia adalah yang Maha Penyayang (karena pelanggaran ini adalah kesalahan yang memang tidak dapat dan tidak boleh dimaafkan).
B.Banyaknya Orang yang Musyrik
Berkembangya jaman yang semakin maju ini banyak hal-hal yang sangat dilarang oleh agama ,misalnya dengan adanya agama baru yang dimana mengaku dirinya nabi dan sekaligus tuhan yaitu Lia Eden .Apa yang telah dilakukan Lia Eden merupakan musyrik.Pengertian musyrik itu sendiri adalah satu istilah dalam agama Islam, yang merujuk khusus kepada orang-orang yang melakukan perbuatan syirik seperti menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain (seperti matahari, berhala dan sebagainya) secara berterang-terangan. Orang yang menyembah syaitan termasuk dalam kelompok orang musyrik.Bagaimanapun, orang musrik berbeza dengan orang murtad, dari segi mereka masih mengaku Islam, walaupun melakukan perkara yang jelas bertentangan dangan ajaran Islam. Mereka yang berpura-pura mengikut Islam tetapi berlainan dalam hati, seperti bertindak melakukan perkara yang berbeza secara bersembunyi, di belakang pandangan umum dikenali sebagai munafik
Dalam ajaran Islam, balasan kepada orang musyrik ialah neraka jahanam.
Tinjauan : Dapat dilihat dari daerah saya yaitu kabupaten Bantul, banyak sekali orang yang melakukan ritual-ritual yang menyimpang dari ajaran agama islam, antara lain sesaji, larung laut dll, mereka melakukan ritual larung laut yaitu melarung/menghanyutkan hasil panen ke laut yang ditujukan kepada penguasa laut kidul, yaitu Nyi Roro Kidul. Padahal hal tersebut merupakan syirik, yaitu perbuatan yang paling dilaknat oleh Allah SWT, karena syirik merupakan dosa terbesar.
Solusi : Sebaiknya para pemuka agama atau kyai memberikan nasehat atau bukti sahih kepada masyarakat Bantul bahwa sebagai seorang muslim tidak boleh melakukan perbuatan yang menyimpang dari agama islam seperti melarung sesaji karena hal tersebut merupakan dosa besar, yaitu dosa syirik.
(ANDHI DWI P)
2.Penyimpangan ahlaq kepada rosul
Yaitu melakukan sesuatu yang tidak diajarkan oleh
rosul.
A.MERAYAKAAN HARI VALENTINE
Saat ini saya melihat dimana perayaan Hari Valentine yang
dirayakan setiap tanggal 14 Februari ini makin memprihatinkan. Jika kita masuk toko buku atau semisalnya di bulan
Februari, akan tampak rak-rak yang berjajar berisikan beragam kartu ucapan
Valentine’s Day. Tak mau kalah, toko-toko souvenir pun mulai menjajakan aneka
kado bertema Valentine’s Day. Mal dan supermarket juga menghias seluruh ruangan
dengan warna-warni pink dan biru lembut, dengan hiasan-hiasan berbentuk hati
dan pita di mana-mana. Hamper semua media cetak dan elektronik pun menjadi
penggesa program misterius ini.
Dengan berpikir sedikit saja kita dapat mengetahui bahwa
perayaan aneh ini tidak lepas dari trik bisnis para pengusaha tempat hiburan,
pengusaha hotel, perangkai bunga, dan lainnya. Akhirnya jadilah perayaan
Valentine sebagai perayaan bisnis yang bermuara pada perusakan aqidah dan
akhlak pemuda islam (khususnya). Saatnya kita bertanya pada diri kita
masing-masing, apa yang sudah kita lakukan dalam penyelamatan generasi penerus
kita?
Sekilas
Sejarah Valentine’s Day
Ribuan literature yang menyebutkan sejarah hari Valentine
masih berbeda pendapat. Ada banyak versi tentang asal-usul perayaan Valentine
ini. Yang paling popular adalah kisah Valentinus (St. Valentine) yang diyakini
hidup pada masa Claudius II yang kemudian menemui ajal pada 14 Februari 269 M.
Namun kisah ini ada beberapa versi lagi.
Yang jelas dan tidak memiliki silang pendapat adalah kalau
kita menilik lebih jauh lagi ke dalam tradisi paganism (dewa-dewi) Romawi Kuno.
Pada waktu itu ada sebuah perayaan yang disebut Lupercalia. Didalamnya terdapat
rangkaian upacara penyucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). Dua hari
pertama dipersembahkan untuk Dewi Cinta, Juno Februata. Pada hari ini, para
pemuda mengundi nama-nama gadis dalam kotak. Lalu setiap pemuda mengambil
secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama
setahun untuk bersenang-senang dan menjadi objek hiburan.
Pada 15 Februari, mereka meminta perlindungan Dewa
Lupercalia terhadap gangguan srigala. Selama upacara ini, kaum muda memecut
orang dengankulit binatang dan wanita berebut untuk di pecut karena menganggap
pecutan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur. Ketika agama Kristen
Katolik masuk Roma, mereka mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa
Kristiani, antara lain mengganti nama gadis dengan nama-nama Paus atau Pastor.
Diantara pendukungnya adalah Kaisar Konstantine dan Paus Gregory I. Kemudian
agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Galasius
menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi hari perayaan gereja dengan nama
Saint Valentine’ Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada
14 Februari.
Jadi diri St.Valentine sendiri masih diperdebatkan para sejarawan.
Saat ini, sekurang-kurangnya ada tiga nama Valentine yang meninggal opada
tanggal 14 Februari. Diantaranya ada kisah menceritakan bahwa kaisar Claudius
II menganggap tentara muda bujangan lebih tabah dan kuat didalam medan
peperangan daripada yang menikah. Kaisar lalu melarang para pemuda menikah.
Tindakan Kaisar itu mendapatkan tantangan dari St.Valentinenyang secara
diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga ia pun ditangkap dan di hokum
gantung pada 14 Februari 269 M.
Dari penjelasan di atas dapat kita tarik kesimpulan:
1.
Valentine’s Day berasal dari upacara keagamaan
Romawi Kuno yang penuh dengan paganisme dan kesyirikan.
2.
Upacara Romawi Kuno di atas akhirnya dirubah
menjadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day atas inisiatif Paus
Gelasius I. Jadi acara valentine menjadi ritual agama Nashrani yang dirubah
peringatannya menjadi tanggal 14 Februari, bertepatan dengan matinya St.
Valentine.
3.
Hari valentine juga adalah hari penghormatan
kepada tokoh nashrani yang dianggap sebagai pejuang dan pembela cinta.
4.
Pada perkembangannya di zaman modern saat ini,
perayaan valentine disamarkan dengan dihiasi nama “hari kasih sayang”.
Sungguh ironis memang kondisi umat Islam saat ini.
Sebagian orang mungkin sudah mengetahui kenyataan sejarah di atas. Seolah-olah
mereka menutup mata dan menyatakan boleh-boleh saja merayakan hari valentine
yang cikal bakal sebenarnya adalah ritual paganisme. Sudah sepatutnya kaum
muslimin berpikir, tidak sepantasnya mereka merayakan hari tersebut setelah
jelas-jelas nyata bahwa ritual valentine adalah ritual non muslim bahkan
bermula dari ritual paganisme.
Selanjutnya kita akan melihat berbagai
kerusakan yang ada di hari Valentine.
1.Kerusakan Pertama:
Merayakan Valentine Berarti Meniru-niru Orang Kafir
Agama Islam telah melarang kita meniru-niru orang kafir
(baca: tasyabbuh). Larangan ini terdapat dalam berbagai ayat, juga dapat
ditemukan dalam beberapa sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan hal
ini juga merupakan kesepakatan para ulama (baca: ijma’). Inilah yang disebutkan
oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau Iqtidho’ Ash Shiroth Al Mustaqim
(Ta’liq: Dr. Nashir bin ‘Abdil Karim Al ‘Aql, terbitan Wizarotusy Syu’un Al
Islamiyah).
Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam memerintahkan agar kita menyelisihi orang Yahudi
dan Nashrani. Beliau shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ
الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى لاَ يَصْبُغُونَ ، فَخَالِفُوهُمْ
“Sesungguhnya orang Yahudi dan Nashrani tidak mau
merubah uban, maka selisihlah mereka.” (HR. Bukhari no. 3462 dan
Muslim no. 2103) Hadits ini menunjukkan kepada kita agar menyelisihi orang Yahudi
dan Nashrani secara umum dan di antara bentuk menyelisihi mereka adalah dalam
masalah uban. (Iqtidho’,
1/185)
Dalam hadits lain, Rasulullah menjelaskan secara umum
supaya kita tidak meniru-niru orang kafir. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ
تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia
termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Syaikhul
Islam dalam Iqtidho’
[hal. 1/269] mengatakan bahwa sanad hadits ini jayid/bagus. Syaikh Al Albani
mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaiman dalam Irwa’ul Gholil no. 1269). Telah jelas di muka bahwa hari
Valentine adalah perayaan paganisme, lalu diadopsi menjadi ritual agama
Nashrani. Merayakannya berarti telah meniru-niru mereka.
2.Kerusakan Kedua: Menghadiri
Perayaan Orang Kafir Bukan Ciri Orang Beriman
Allah Ta’ala sendiri telah mencirikan sifat orang-orang
beriman. Mereka adalah orang-orang yang tidak menghadiri ritual atau perayaan
orang-orang musyrik dan ini berarti tidak boleh umat Islam merayakan perayaan
agama lain semacam valentine. Semoga ayat berikut bisa menjadi renungan bagi
kita semua.
Allah Ta’ala berfirman,
وَالَّذِينَ
لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا
“Dan orang-orang yang tidak menyaksikan perbuatan
zur, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan
perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga
kehormatan dirinya.” (QS. Al Furqon [25]: 72)
Ibnul Jauziy dalam Zaadul Masir mengatakan bahwa ada 8 pendapat mengenai makna
kalimat “tidak menyaksikan perbuatan zur”, pendapat yang ada ini tidaklah
saling bertentangan karena pendapat-pendapat tersebut hanya menyampaikan
macam-macam perbuatan zur. Di antara pendapat yang ada mengatakan bahwa “tidak
menyaksikan perbuatan zur” adalah tidak menghadiri perayaan orang musyrik.
Inilah yang dikatakan oleh Ar Robi’ bin Anas.
Jadi, ayat di atas adalah pujian untuk orang yang tidak
menghadiri perayaan orang musyrik. Jika tidak menghadiri perayaan tersebut
adalah suatu hal yang terpuji, maka ini berarti melakukan perayaan tersebut
adalah perbuatan yang sangat tercela dan termasuk ‘aib (Lihat Iqtidho’, 1/483). Jadi,
merayakan Valentine’s Day bukanlah ciri orang beriman karena jelas-jelas hari
tersebut bukanlah hari raya umat Islam.
3.Kerusakan Ketiga:
Mengagungkan Sang Pejuang Cinta Akan Berkumpul Bersamanya di Hari Kiamat Nanti
Jika orang mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka dia akan
mendapatkan keutamaan berikut ini.
Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan bahwa seseorang
bertanya pada Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam,
مَتَّى
السَّاعَةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
“Kapan terjadi hari kiamat, wahai Rasulullah?”
Beliau shallallahu
‘alaihi wa sallam berkata,
مَا
أَعْدَدْتَ لَهَا
“Apa yang telah engkau persiapkan untuk
menghadapinya?”
Orang tersebut menjawab,
مَا
أَعْدَدْتُ لَهَا مِنْ كَثِيرِ صَلاَةٍ وَلاَ صَوْمٍ وَلاَ صَدَقَةٍ ، وَلَكِنِّى
أُحِبُّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ
“Aku tidaklah mempersiapkan untuk menghadapi hari
tersebut dengan banyak shalat, banyak puasa dan banyak sedekah. Tetapi yang aku
persiapkan adalah cinta Allah dan Rasul-Nya.”
Beliau shallallahu
‘alaihi wa sallam berkata,
أَنْتَ
مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ
“(Kalau begitu) engkau akan bersama dengan orang
yang engkau cintai.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam riwayat lain di Shohih Bukhari, Anas mengatakan,
فَمَا
فَرِحْنَا بِشَىْءٍ فَرَحَنَا بِقَوْلِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – «
أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ »
. قَالَ أَنَسٌ فَأَنَا أُحِبُّ
النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ ، وَأَرْجُو أَنْ
أَكُونَ مَعَهُمْ بِحُبِّى إِيَّاهُمْ ، وَإِنْ لَمْ أَعْمَلْ بِمِثْلِ
أَعْمَالِهِمْ
“Kami tidaklah pernah merasa gembira sebagaimana
rasa gembira kami ketika mendengar sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:
Anta ma’a man ahbabta (Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai).”
Anas pun mengatakan,
فَأَنَا
أُحِبُّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ ، وَأَرْجُو
أَنْ أَكُونَ مَعَهُمْ بِحُبِّى إِيَّاهُمْ ، وَإِنْ لَمْ أَعْمَلْ بِمِثْلِ
أَعْمَالِهِمْ
“Kalau begitu aku mencintai Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam, Abu Bakar, dan ‘Umar. Aku berharap bisa bersama dengan
mereka karena kecintaanku pada mereka, walaupun aku tidak bisa beramal seperti
amalan mereka.”
Bandingkan, bagaimana jika yang dicintai dan diagungkan
adalah seorang tokoh Nashrani yang dianggap sebagai pembela dan pejuang cinta
di saat raja melarang menikahkan para pemuda. Valentine-lah sebagai pahlawan
dan pejuang ketika itu. Lihatlah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas:
“Kalau
begitu engkau bersama dengan orang yang engkau cintai”. Jika Anda seorang
muslim, manakah yang Anda pilih, dikumpulkan bersama orang-orang sholeh ataukah
bersama tokoh Nashrani yang jelas-jelas kafir?
Siapa yang mau dikumpulkan di hari kiamat bersama dengan
orang-orang kafir[?] Semoga menjadi bahan renungan bagi Anda, wahai para
pengagum Valentine!
4.Kerusakan Keempat: Ucapan
Selamat Berakibat Terjerumus Dalam Kesyirikan dan Maksiat
“Valentine” sebenarnya berasal dari bahasa Latin yang
berarti:
“Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat dan Yang Maha Kuasa”.
Kata ini ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, tuhan orang Romawi. (Dari
berbagai sumber)
Oleh karena itu disadari atau tidak, jika kita meminta
orang menjadi “To be my valentine (Jadilah valentineku)”, berarti sama dengan
kita meminta orang menjadi “Sang Maha Kuasa”. Jelas perbuatan ini merupakan kesyirikan
yang besar, menyamakan makhluk dengan Sang Khalik, menghidupkan budaya pemujaan
kepada berhala.
Kami pun telah kemukakan di awal bahwa hari valentine
jelas-jelas adalah perayaan nashrani, bahkan semula adalah ritual paganisme.
Oleh karena itu, mengucapkan selamat hari kasih sayang atau ucapan selamat
dalam hari raya orang kafir lainnya adalah sesuatu yang diharamkan berdasarkan
kesepakatan para ulama (baca: ijma’ kaum muslimin), sebagaimana hal ini
dikemukakan oleh Ibnul Qoyyim rahimahullah
dalam kitabnya Ahkamu
Ahlidz Dzimmah (1/441, Asy
Syamilah). Beliau rahimahullah
mengatakan, “Adapun memberi ucapan selamat pada syi’ar-syi’ar kekufuran yang
khusus bagi orang-orang kafir (seperti mengucapkan selamat natal atau selamat
hari valentine, pen) adalah sesuatu yang diharamkan berdasarkan ijma’
(kesepakatan) kaum muslimin. Contohnya adalah memberi ucapan selamat pada hari
raya dan puasa mereka seperti mengatakan, ‘Semoga hari ini adalah hari yang
berkah bagimu’, atau dengan ucapan selamat pada hari besar mereka dan
semacamnya. Kalau memang orang yang mengucapkan hal ini bisa selamat dari
kekafiran, namun dia tidak akan lolos dari perkara yang diharamkan. Ucapan
selamat hari raya seperti ini pada mereka sama saja dengan kita mengucapkan
selamat atas sujud yang mereka lakukan pada salib, bahkan perbuatan seperti ini
lebih besar dosanya di sisi Allah. Ucapan selamat semacam ini lebih dibenci
oleh Allah dibanding seseorang memberi ucapan selamat pada orang yang minum
minuman keras, membunuh jiwa, berzina, atau ucapan selamat pada maksiat
lainnya.”
5.Kerusakan Kelima: Hari
Kasih Sayang Menjadi Hari Semangat Berzina
Perayaan Valentine’s Day di masa sekarang ini mengalami
pergeseran. Kalau di masa Romawi, sangat terkait erat dengan dunia para dewa
dan mitologi sesat, kemudian di masa Kristen dijadikan bagian dari simbol
perayaan hari agama, maka di masa sekarang ini identik dengan pergaulan bebas
muda-mudi. Mulai dari yang paling sederhana seperti pesta, kencan, bertukar
hadiah hingga penghalalan praktek zina secara legal. Semua dengan
mengatasnamakan semangat cinta kasih.
Dalam semangat hari Valentine
itu, ada semacam kepercayaan bahwa melakukan maksiat dan larangan-larangan
agama seperti berpacaran, bergandeng tangan, berpelukan, berciuman, bahkan
hubungan seksual di luar nikah di kalangan sesama remaja itu menjadi boleh.
Alasannya, semua itu adalah ungkapan rasa kasih sayang. Na’udzu billah min dzalik.
Padahal mendekati zina saja haram, apalagi melakukannya.
Allah Ta’ala berfirman,
وَلَا
تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya
zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”
(QS. Al Isro’ [17]: 32)
Dalam Tafsir Jalalain dikatakan bahwa larangan dalam ayat
ini lebih keras daripada perkataan ‘Janganlah melakukannya’. Artinya bahwa jika
kita mendekati zina saja tidak boleh, apalagi sampai melakukan zina,
jelas-jelas lebih terlarang.
6.Kerusakan Keenam: Meniru
Perbuatan Setan
Menjelang hari Valentine-lah berbagai ragam coklat, bunga,
hadiah, kado dan souvenir laku keras. Berapa banyak duit yang
dihambur-hamburkan ketika itu. Padahal sebenarnya harta tersebut masih bisa
dibelanjakan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat atau malah bisa disedekahkan
pada orang yang membutuhkan agar berbuah pahala. Namun, hawa nafsu berkehendak
lain. Perbuatan setan lebih senang untuk diikuti daripada hal lainnya. Itulah
pemborosan yang dilakukan ketika itu mungkin bisa bermilyar-milyar rupiah
dihabiskan ketika itu oleh seluruh penduduk Indonesia, hanya demi merayakan
hari Valentine. Tidakkah mereka memperhatikan firman Allah,
وَلا
تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ
“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu)
secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara
syaitan.” (QS. Al Isro’ [17]: 26-27). Maksudnya adalah mereka
menyerupai setan dalam hal ini. Ibnu Mas’ud dan Ibnu ‘Abbas mengatakan, “Tabdzir (pemborosan) adalah menginfakkan
sesuatu pada jalan yang keliru.” (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim)
Itulah sebagian kerusakan yang ada di hari valentine,
mulai dari paganisme, kesyirikan, ritual Nashrani, perzinaan dan pemborosan.
Sebenarnya, cinta dan kasih sayang yang diagung-agungkan di hari tersebut
adalah sesuatu yang semu yang akan merusak akhlak dan norma-norma agama. Perlu
diketahui pula bahwa Valentine’s Day bukan hanya diingkari oleh pemuka Islam
melainkan juga oleh agama lainnya. Sebagaimana berita yang kami peroleh dari
internet bahwa hari Valentine juga diingkari di India yang mayoritas
penduduknya beragama Hindu. Alasannya, karena hari valentine dapat merusak
tatanan nilai dan norma kehidupan bermasyarakat. Kami katakan:
“Hanya orang yang tertutup hatinya dan mempertuhankan hawa
nafsu saja yang enggan menerima kebenaran.”
Oleh karena itu, kami ingatkan agar kaum muslimin tidak
ikut-ikutan merayakan hari Valentine, tidak boleh mengucapkan selamat hari
Valentine, juga tidak boleh membantu menyemarakkan acara ini dengan jual beli,
mengirim kartu, mencetak, dan mensponsori acara tersebut karena ini termasuk
tolong menolong dalam dosa dan kemaksiatan. Ingatlah, Setiap orang haruslah
takut pada kemurkaan Allah Ta’ala. Semoga tulisan ini dapat tersebar pada kaum
muslimin yang lainnya yang belum mengetahui.
Ø
Tinjauan :
Dapat di
lihat pada daerah saya yaitu kota magelang banyak remaja muslim yang merayakan
hari valentine tersebut dengan berbagai macam cara ada yang memberikan cokelat
buat lawan jenisnya dan ada juga dengan pergi ketempat wisata dengaan
berpasang-pasangan.Betapa besar pengaruh hari valentine bagi agama kita yang
dimana dapat merusak akhlak kepada rasul.Hal
ini jelas sangat mengkhawatirkan bagi umat muslim karena dapat berpengaruh pada
iman ataupun akhlak kepada rasul itu sendiri.Padahal apa yang telah dijelaskan
pada agama kita merayakan hari valentine merupakan haram hukumnya.Adanya umat
muslim yang ikut merayakan hari valentine disebabkan kurangnya ilmu agama
ataupun belum tahu hukumnya.
Solusinya : Supaya setiap orang muslim yang tahu hukumnya haram merayakan hari
valentine supaya memberi tahu orang yang tidak tahu agar tidak ikut
merayakannya.Adapun cara lain yaitu dengan melalui media massa yang mengandung
islami.
(AGUS SUSILA)
3.Penyimpangan ahlaq kepada masyarakat
Yaitu bentu penyimpangan ahlaq yang meresahkan
masyarakat seperti :
Penyakit Hati
Penyakit hati menimbulkan ganggauan psikologi dan gangguan psikologi
berpengaruh pada kesehatan fisik. Seringkali penyakit
hati bertambah parah, namun pemiliknya tak juga menyadari. Karena ia tak sempat
bahkan enggan mengetahui cara penyembuhan dan sebab-sebab penyakit tersebut.
Bahkan terkadang hatinya sudah mati, pemiliknya belum juga sadar kalau sudah
mati.Sebagai buktinya, ia sama sekali tidak merasa sakit akibat luka-luka dari berbagai perbuatan buruk. Ia juga tak merasa disusahkan dengan ketidak mengertian dirinya terhadap kebenaran, dan keyakinan-keyakinannya yang batil. Luka, tak akan dapat membuat sakit orang mati. Terkadang ia juga merasakan sakitnya. Namun ia tak sanggup mencicipi dan menahan pahitnya obat. Masih bersarangnya penyakit tersebut di hatinya, berpengaruh semakin sulit dirinya menelan obat. Karena obatnya dengan melawan hawa nafsu. Itu hal yang paling berat bagi jiwanya. Namun baginya, tak ada sesuatu yang lebih bermanfaat dari obat itu.
Terkadang, ia memaksa dirinya untuk bersabar. Tapi kemudian tekadnya mengendor dan bisa meneruskannya lagi. Itu karena kelemahan ilmu, keyakinan dan ketabahan. Sebagai halnya orang yang memasuki jalan angker yang akhirnya akan membawa dia ke tempat yang aman. Ia sadar, kalau ia bersabar, rasa takut itu sirna dan berganti dengan rasa aman. Ia membutuhkan kesabaran dan keyakinan yang kuat, yang dengan itu ia mampu berjalan. Kalau kesabaran dan keyakinannya mengendor, ia akan balik mundur dan tidak mampu menahan kesulitan. Apalagi kalau tidak ada teman, dan takut sendirian.
Ø
Macam-macam Penyakit Hati :
1.Dengki
Dengki
adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk
menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada
orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini
Dengki lebih parah dari iri. Orang yang dengki
ini merasa susah jika melihat orang lain senang. Dan merasa senang jika orang
lain susah. Tak jarang dia berusaha mencelakakan orang yang dia dengki baik
dengan lisan, tulisan, atau pun perbuatan. Oleh karena itu Allah menyuruh kita
berlindung dari kejahatan orang yang dengki:
“Dan
dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” [Al Falaq : 5].
Imam Ali berkata, “tidak
ada orang zalim yang menzalimi orang lain sambil sekaligus mengalami dirinya
sendiri, selain orang yang dengki”. Kedengkian bisa menghancurkan pahala-pahala
kita. Selain menyakiti orang lain, orang yang dengki juga akan menyakiti
dirinya sendiri.
2.Iri Hati
Iri hati
adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang
didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya
Allah melarang kita iri pada yang lain karena
rezeki yang mereka dapat itu sesuai dengan usaha mereka dan juga sudah jadi
ketentuan Allah.
“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang
dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang
lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka
usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka
usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya
Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’ 32]
v Iri hanya boleh dalam 2 hal. Yaitu dalam hal bersedekah dan
ilmu.
. Iri hati
yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan,
seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian
hari. Atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.
Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara,
yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada jalan yang
benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan
mengajarkannya. (HR. Bukhari)
Jika kita mengagumi milik orang lain, agar
terhindar dari iri hendaknya mendoakan agar yang bersangkutan dilimpahi berkah.
Apabila seorang melihat dirinya, harta miliknya
atau saudaranya sesuatu yang menarik hatinya (dikaguminya) maka hendaklah dia
mendoakannya dengan limpahan barokah. Sesungguhnya pengaruh iri adalah benar.
(HR. Abu Ya’la)
Adapun akibat dari iri
hati ialah kehilangan perasaan tentram. Orang yang iri hati tidak bias
menikmati kehidupan normal karena hatinya tidak pernah bias tenang sebelum
melihat orang lain mengalami kesulitan. Dia melakukan berbagai hal untuk
memuaskan rasa iri hatinya. Bila ia gagal, ia akan jatuh kepada frustasi.
3.Hasut / Hasud /
Provokasi
Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah / marah orang tersebut meluap dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama.
Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah / marah orang tersebut meluap dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama.
Waspadalah terhadap
hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana
api memakan kayu. (HR. Abu Dawud)
4.Khianat / Hianat
Hianat adalah sikap tidak bertanggungjawab atau ingkar atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya. Khianat biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.
Hianat adalah sikap tidak bertanggungjawab atau ingkar atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya. Khianat biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.
5.Sombong
Sering orang karena jabatan, kekayaan, atau pun
kepintaran akhirnya menjadi sombong dan menganggap rendah orang lain. Bahkan
Fir’aun yang takabbur sampai-sampai menganggap rendah Allah dan menganggap
dirinya sebagai Tuhan. Kenyataannya Fir’aun adalah manusia yang akhirnya bisa
mati karena tenggelam di laut.
Allah melarang kita untuk menjadi sombong:
“Janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan
sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan
sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” [Al Israa’ 37]
“Janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia
karena sombong dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan
diri.” [Luqman 18]
Allah menyediakan neraka jahannam bagi orang
yang sombong:
“Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam,
sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi
orang-orang yang sombong .” [Al Mu’min 76]
Kita tidak boleh sombong karena saat kita lahir
kita tidak punya kekuasaan apa-apa. Kita tidak punya kekayaan apa-apa. Bahkan
pakaian pun tidak. Kecerdasan pun kita tidak punya. Namun karena kasih-sayang
orang tua-lah kita akhirnya jadi dewasa.
Begitu pula saat kita mati, segala jabatan dan
kekayaan kita lepas dari kita. Kita dikubur dalam lubang yang sempit dengan
pakaian seadanya yang nanti akan lapuk dimakan zaman.
Bukankah Allah mengatakan pada kita bahwa kita
diciptakan dari air mani yang hina:
“Bukankah Kami menciptakan kamu dari air yang
hina?” [Al Mursalaat 20]
Saat hidup pun kita membawa beberapa kilogram
kotoran di badan kita. Jadi bagaimana mungkin kita masih bersikap sombong?
6.Ujub (Kagum akan diri sendiri)
Ini mirip dengan sombong. Kita merasa bangga
atau kagum akan diri kita sendiri. Padahal seharusnya kita tahu bahwa semua
nikmat yang kita dapat itu berasal dari Allah.
Jika kita mendapat keberhasilan atau pujian dari
orang, janganlah ‘ujub. Sebaliknya ucapkan “Alhamdulillah” karena segala puji
itu hanya untuk Allah.
7.Bakhil atau
Kikir
Bakhil
alias Kikir alias Pelit alias Medit adalah satu penyakit hati karena terlalu
cinta pada harta sehingga tidak mau bersedekah.
“Sekali-kali
janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka
dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya
kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan
dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala
warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu
kerjakan.” [Ali ‘Imran 180]
Padahal
segala harta kita termasuk diri kita adalah milik Allah. Saat kita lahir kita
tidak punya apa-apa. Telanjang tanpa busana. Saat mati pun kita tidak membawa
apa-apa kecuali beberapa helai kain yang segera membusuk bersama kita.
Sesungguhnya
harta yang kita simpan itu bukan harta kita yang sejati. Saat kita mati tidak
akan ada gunanya bagi kita. Begitu pula dengan harta yang kita pakai untuk
hidup bermegah-megahan seperti beli mobil dan rumah mewah.
“Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup serta
mendustakan pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan)
yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa” [Al
Lail 8-11]
Yang
justru jadi harta yang bermanfaat bagi kita di akhirat nanti adalah harta yang
kita belanjakan di jalan Allah atau disedekahkan. Harta tersebut akan jadi
pahala yang balasannya adalah istana surga yang luasnya seluas langit dan bumi.
“Berlomba-lombalah
kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan syurga yang luasnya seluas
langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan
Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang
dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” [Al Hadiid 21]
8.Riya
Riya
adalah berbuat kebaikan/ibadah dengan maksud pamer kepada manusia agar orang
mengira dan memujinya sebagai orang yang baik atau gemar beribadah seperti
shalat, puasa, sedekah, dan sebagainya.
Ciri-ciri
riya:
Orang
yang riya berciri tiga, yakni apabila di hadapan orang dia giat tapi bila
sendirian dia malas, dan selalu ingin mendapat pujian dalam segala urusan.
Sedangkan orang munafik ada tiga tanda yakni apabila berbicara bohong, bila
berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat. (HR. Ibnu Babawih).
Orang
yang riya’, maka amal perbuatannya sia-sia belaka.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala)
sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima),
seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia” [QS.
Al-Baqarah: 264]
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang
lalai dari shalatnya, yang berbuat karena riya” [Al Maa’uun 4-6]
Riya membuat amal sia-sia sebagaimana syirik. (HR. Ar-Rabii’)
Sesungguhnya riya adalah syirik yang kecil. (HR. Ahmad dan Al Hakim)
Ahli
agama mengumpamakan orang yang riya itu sebagai orang yang malas ketika dia
hanya berdua saja dengan rajanya. Namun ketika ada budak sang raja hadir, baru
dia bekerja dan berbuat baik untuk mendapat pujian dari budak-budak tersebut.
Nah
orang yang riya juga begitu. Ketika hanya berdua dengan Allah Sang Raja Segala
Raja, dia malas dan enggan beribadah. Tapi ketika ada manusia yang tak lebih
dari hamba/budak Allah, maka dia jadi rajin shalat, bersedekah, dan sebagainya
untuk mendapat pujian para budak. Adakah hal itu tidak menggelikan?
Agar
terhindar dari riya, kita harus meniatkan segala amal kita untuk Allah ta’ala
(Lillahi ta’ala).
9.Fitnah
Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekkan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.
Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekkan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.
10. Buruk Sangka
Buruk sangka adalah sifat yang curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.
Buruk sangka adalah sifat yang curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.
Ø Tanda-Tanda Penyakit Hati
Ada beberapa tanda-tanda orang yang terkena
penyakit hati. Yaitu :
1).
Kehilangan cinta tulus
Orang yang telah kehilangan cinta yang tulus,
orang itu tidak akan bisa mencintai orang lain dengan benar. Dia tidak akan
mampu mencintai keluarganya dengan ikhlas. Orang seperti itu agak sulit untuk
mencintai Nabi, apalagi mencintai Allah yang lebih abstrak. Karena ia tidak
bias mencintai dengan tulus, dia juga tidak akan mendapat kecintaan yang tulus
dari orang lain. Sekiranya ada yang mencintainya dengan tulus, ia akan curiga
akan kecintaan itu.
2). Kehilangan ketenangan dan ketentraman batin
Orang yang seperti itu hari-harinya akan merasa
gelisah. Bingung dengan apa yang akan ia lakukan. Dia bingung dengan
aktifitasnya, segalanya yang ia lakukan terasa kurang pas dengan keinginan
hatinya.
3). Memiliki hati dan mata yang keras
Pengidap penyakit hati ini mempunyai mata yang
sukar terharu dan hati yang sulit tersentuh. Apabila ia mendengar bacaan-bacaan
Allah atau mendengar panggilannya (adzan), ia akan sukar untuk tergerak hatinya
untuk menuju kearah suara tersebut. Dia akan cenderung untuk pergi atau mencari
tempat yang lain.
4). Kehilangan kekhusyukan dalam beribadah
Penyakit hati ini berhubungan dengan penyakit
hati no. 2. Ketika ia sedang melaksanakan ibadah, ia tidak akan khusyuk. Karena
batin/hatinya tidak tertuju kepada Allah, melainkan kepada hal-hal lainnya.
Sebagai contoh ada seorang pedagang yang meninggalkan barang dagangannya untuk
melaksanakan sholat. Dia akan merasa gelisah, yang ia pikirkan bukanlah
sholatnya. Melainkan ia berfikir akankah ia akan mendapat keuntungan apabila ia
menjual barang dagangannya pada waktu itu. Karena waktu yang ia pakai untuk
sholat adalah waktu dimana banyak sekali orang yang pergi balanja.
5). Malas beribadah atau beramal
Orang yang malas beribadah atau beramal adalah
termasuk dalam orang yang terkena tanda-tanda penyakit hati. Dia cenderung
memikirkan kebahagiaan dirinya sendiri dan malas beramal. Dia pun lupa dengan
Allah yang telah memberikannya banyak riski yang pernah ia rasakan.
6). Senang melakukan dosa
Orang seperti itu akan menganggap bahwa dengan
melakukan dosa akan membuat hatinya bahagia hingga lupa dengan segala
masalahnya. Tidak ada perasaan bersalah yang mengganggu dirinya sama sekali.
Padahal hal itu akan memunculkan hal-hal buruk yang baru lagi. Orang yang
seperti itu akan sulit untuk terbuka hatinya.
Sebuah doa dari Nabi SAW berbunyi : “Ya Allah,
jadikanlah aku oaring yang apabila berbuat baik aku berbahagia dan apabila aku
berbuat dosa, aku cepat-cepat beristighfar”.
Di antara taubat yang tidak diterima Allah ialah
taubat orang yang tidak pernah merasa perlu bertaubat karena tak berbuat dosa.
Kali pertama orang melakukan dosa, ia akan merasa bersalah. Tetapi saat ia
mengulanginya untuk kedua kalinya, rasa bersalah itu akan berkurang. Setelah ia
berulang kali melakukan maksiat, ia akan mulai menyenangi kemaksiatan itu.
Bahkan ia menjadi ketagihan untuk berbuat maksiat terus menerus. Ini menandakan
orang itu sudah berada dalam kategori firman Allah : “Dalam hatinya ada
penyakit lalu Allah tambahkan penyakitnya”. (QS. Al-Baqarah : 10)
Doa yang berasal dari hadist Nabi SAW yng
berbunyi : “Ya Allah aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat,
hati yang tidak khusyuk, nafsu yang tidak kenyang, mata yang tidak menangis,
dan doa yang tidak diangkat”. Doa tersebut menunjukkan tanda-tanda orang yang
mempunyai penyakit hati. Merujuk dari doa diatas, kita dapat menyimpulkan
cirri-ciri orang yang berpenyakit hati sebagai berikut :
Pertama,
memiliki ilmu yang tidak bermanfaat. Ilmunya tidak akan mendekatkannya kepada Allah SWT. Al-Quran
menyebutkan orang yang betul-betul takut kepada Allah itu sebagai orang yang
memiliki ilmu : “sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hamba-Nya
ialah orang yang berilmu. Jika ada orang yang berilmu tapi tidak takut kepada
Allah, berarti dia memiliki ilmu yang tidak bermanfaat”.
Kedua,
mempunyai hati yang tidak khusyuk.
Dalam menjalankan ibadah, ia tidak bias mengkhusyukkan hatinya sehingga tidak
bias menikmati ibadahnya. Ibadah menjadi sebuah kegiatan rutin yang tidak
mempengaruhi perilakunya sama sekali. Tanda lahiriah dari orang yang hatinya
tidak khusyuk adalah matanya sulit menangis. Nabi SAW menyebutnya sebagai jumûd
al-“ain (mata yang beku dan tidak bias mencair). Di dalam Al-Quran, Allah
menyebutkan manusia-manusia yang soleh sebagai mereka yang seringkali terhempas
dalam sujud dan menangis terisak-isak.
Ketiga,
memiliki nafsu yang tidak pernah kenyang. Ia
memendam ambisi yang tak pernah habis, keinginan yang terus menerus, serta
keserakahan yang takkan terpuaskan. Dan cirri yang keempat adalah doanya tidak diangkat dan didengar Allah.
Ø Tinjuan :
Melihat dari realita yang ada dalam
hidup saya sekarang ini bnyak orang yang terkena penyakit hati berupa
dengki,iri hati,hasud,sombong dan banyak lagi.Semua itu temukan sewaktu saya
berada diterminal giwangn mereka identik
dengan sombong dan ujub begitu.
Ø
Solusi :
Kiat Mengobati Penyakit Hati
1)
Menurut para ahli adalah dengan
mencari guru yang mengetahui penyakit hati kita.
Ketika kita datang kepada guru tersebut, kita harus datang
dengan segala kepasrahan. Kita tidak boleh tersinggung apabila guru itu
memberitahu penyakit hati kita.
Umar Bin Khattab berkata, “aku menghargai sahabat-sahabatku
yang menunjukkan aib-aibku sebagai hadiah untukku”.
2)
Mendapatkan sahabat yang jujur.
Sahabat adalah orang yang membenarkan bukan yang “membenar-benarkan” kita.
Sahabat yang baik adalah yang membenarkan kita, bukan yang menganggap apapun
yang kita lakukan itu betul.
3)
Jika sulit mencari sahabat yang
jujur, kita bisa mencari musuh dan mempertimbangankan ucapan-ucapan musuh
tentang diri kita. Musuh dapat menunjukkan aib kita dengan lebih jujur ketimbangan
sahabat kita sendiri.
4)
Memperhatikan perilaku orang lain
yang buruk dan kita rasakan akibat perilaku buruk tersebut pada diri kita.
Dengan cara itu, kita tidak akan melakukan hal yang sama. Hal yang sangat mudah
karena kita lebih sering memperhatikan perilaku orang lain yang buruk daripada
perilaku buruk kita sendiri.
b.memakai
pakaian yang tidak menutupi aurat
“Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri
yang shaleh.” (Rasulullah SAW)“Segala sesuatu ada penegurnya, dan penegur hati adalah rasa malu!” (Rasulullah SAW)
“Perempuan membuka auratnya dalam kehidupan sosial adalah salah satu sumber kerusakan moral seksual manusia modern, termasuk dalam masyarakat Muslim.”
Mengapa perempuan Muslim harus menutup auratnya? Wajib sebagaimana diperintahkan Tuhan dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi? Kalau tidak melaksanakan berdosa? Benar, tapi mari kita kesampingkanlah dululah alasan perintah ini. Kita mafhum, melaksanakan sesuatu karena dasarnya perintah menunjukkan kesadaran diri yang rendah. Mari kita mendasarkan pada kesadaran diri saja, mari memahami ini dengan akal sehat saja. Bila nanti kata akal sehat saja harus, maka benarlah perintah agama, pantas Allah dan Rasul-Nya memerintahkannya. Ini akan lebih kuat menancap dalam hati dibandingkan yang dasarnya karena perintah.
Kita akan lebih kuat melaksanakan sesuatu bila sudah sadar bahwa itu memang keharusan. Seorang anak akan rajin belajar dengan sendirinya bila menyadari bahwa belajar itu penting karena akan menentukan masa depannya sendiri, tanpa harus disuruh-suruh. Perempun Muslim yang sudah menutup aurat dengan benar dan konsisten itu karena ada kesadaran dalam dirinya. Sementara yang belum juga karena belum adanya kesadaran dalam dirinya. Bila diri belum sadar, walaupun ceramah didengarkan setiap hari, walaupun ayat Al-Qur’an dibacakan ratusan kali, tetap saja seseorang tidak akan tergerak melaksanakan sebuah keharusan. Mungkin sebenarnya semua perempuan Muslim sudah tahu bahwa menutup aurat sesungguhnya adalah persoalan memuliakan harga diri perempuan. Dalam Islam, perempuan itu makhluk yang mulia dan dimuliakan. Dengan menutup aurat, agama bermaksud menjaga harga diri dan kehormatannya.
Ilustrasi yang paling tepat mengibaratkan perempuan Muslim adalah perhiasan atau barang mahal. Barang mahal memiliki ciri-ciri: (1) dijual di toko berkelas, (2) disimpan di etalase yang hanya bisa dipandang dibalik kaca, (3) disegel, tidak bisa dibuka dan disentuh isinya, (4) tidak bisa dicoba dulu, (5) harganya mahal dengan jaminan memuaskan, dan (6) bergaransi. Kebalikan dari barang mahal adalah barang murah. Ciri-cirinya: (1) adanya di toko murah, di emperan atau di pasar, (2) tidak disegel, (3) diobral, (4) boleh dicoba, bebas disentuh-sentuh, dipegang-pegang, dicoba berulang kali oleh banyak orang, (5) setelah dicoba boleh tidak jadi dibeli, (6) tidak ada garansi.
Islam memperlakukan perempuan persis seperti barang mahal tersebut.
Diibaratkan dua jenis tadi, “toko berkelas” adalah keluarganya yang bermartabat yang taat pada agama; “disegel, tidak bisa dibuka dan disentuh” adalah prinsip dibalik busana Muslimahnya; “tidak bisa dicoba dulu” adalah menjaga kehormatan, tidak bisa memesrai dan menggaulinya tanpa menikahinya dulu; “haganya mahal” adalah pembelinya harus laki-laki yang juga mahal (terjaga akhlak dan kepribadiannya). Laki-laki murahan tidak akan sanggup karena tidak akan berani, malu mendapatkannya dan merasa dirinya tidak seimbang; “bergaransi” adalah orisinial, dijamin masih gadis dan belum disentuh laki-laki lain.
Adalah jelas, menutup aurat adalah menjaga diri, mensegel diri, menghormati diri, memuliakan diri. Perempuan yang menutup auratnya (dengan benar dan akhlaknya terjaga), adalah barang mahal yang tersimpan dalam etalase, terjaga dalam sebuah kotak yang tidak bisa dibuka, tersegel, tidak bisa disentuh dan harganya mahal. Sebaliknya, perempuan yang membuka auratnya (betis, paha, lengan, rambut, leher dan dada, apalagi lebih dari itu) adalah “barang obralan” yang murah, tidak perlu repot-repot ingin membukanya karena ia sudah terbuka (tidak ditutup), silahkan bebas menatap dan menyentuh-nyentuhnya (dalam kebebasan pergaulan dan persahabatan) dan “merasakannya” (dalam pacaran). Kalau sudah tidak suka lagi atau tidak cocok, boleh tidak jadi memilikinya. Jadilah, ia barang bekas. Barang bekas tentu tidak berkualitas, murah, karena sudah dipakai orang.
Mengapa perempuan yang seharusnya mahal menjadi murah? Kata Nabi, karena hilangnya rasa malu: “Al-hayu-u minal iman” (malu itu sebagian dari iman).
“Iman itu ada tujuh puluh cabang dan malu adalah salah satunya” (HR. Muslim).
“Segala sesuatu ada penegurnya (penjaganya), dan penegur hati adalah rasa malu!”
Sangat menyedihkan, bila dulu perempuan malu kelihatan auratnya, sekarang malah bangga mempertontonkannya. Maka berbaju ketat menjadi mode, bercelana pendek berarti gaul, dan menonjolkan payudara adalah kebanggaan. Rasa malu hilang dari perasaan perempuan. Bila perempuan sudah kehilangan rasa malu, itu berati kehancuran negara, masyarakat dan keluarga. Maka benarlah, “perempuan membuka auratnya dalam kehidupan sosial adalah salah satu sumber kerusakan moral seksual masyarakat, termasuk dalam masyarakat Muslim.” Dan iblis pun pernah berkata:
“Perempuan adalah alat senjataku yang paling ampuh untuk menyesatkan anak adam. Ia seperti anak panah. Sekali kulepaskan dari busurnya, jarang meleset!”
Sehubungan dengan ilustrasi barang mahal tadi, ada beberapa pertanyaan:
(1) Bagaimana dengan perempuan yang berkerudung menutup auratnya tapi tidak menjaga akhlaknya, bebas pacaran, bermesraan dan banyak disentuh-sentuh apalagi sudah tidak perawan? Ia adalah “barang mahal” yang palsu, aslinya murah bungkusnya pun murah (hanya simbol) sehingga gampang dibuka dan dicoba. Ia barang tipuan yang tanpa sadar sedang menipu dirinya sendiri.
(2) Bagaimana dengan perempuan yang merasa tidak perlu menutup aurat yang penting bisa menjaga diri sehingga tetap menganggap dirinya perempuan terhormat? Kalau benar-benar bisa menjaga diri, ia adalah barang mahal yang diobral. Barang bagus yang diobral tetap saja lebih murah dan lebih rendah nilainya dari barang mahal yang tidak diobral.
(3) Bagaimana dengan perempuan yang mengatakan: “Ah, yang berkerudung juga banyak yang kelakuannya parah, mendingan begini, gak berkudung tapi punya prinsip”? Itu artinya menutupi keengganannya dengan kesalahan. Lain kata, lari dari satu kesalahan dan bersembunyi dalam kesalahan yang lain.
(4) Bagaimana dengan perempuan yang berusaha mengutak-ngatik pengertian “aurat” dengan logikanya kemudian berkesimpulan menutup aurat itu tidak perlu? Ia adalah orang yang memaksa-maksakan dan memperkosa dirinya agar harganya murah.
(5) Bagaimana dengan perempuan dan laki-laki termasuk ulama yang ahli agama, ahli tafsir dan mengatakan menurup aurat itu tidak perlu (karena pengertian sebenarnya tentang aurat bukan yang secara konvensional difahami)? Ia sedang melegitimasi penolakannya pada perintah Tuhan dan tuntunan Nabi atau melegitimasi penolakannya dengan ilmu agamanya sendiri (ini paling ironis dan paling berat pertanggungjawabannya kelak). Ingat, ilmu yang tidak bermanfaat adalah ilmu yang tidak menumbuhkan kesadaran malah menjadi penolakan pada kebenaran dan perintah Tuhan sendiri.
Perintah agama begitu masuk akal, rasional dan sangat jelas untuk memuliakan kaum perempuan. Menghadapi perintah Tuhan hanya satu: “Sami’na wa atha’na” (Kami dengar dan kami taat). Ilustrasi-ilustrasi di atas hanya untuk menguatkan bahwa perintah agama sebenarnya berlandaskan akal sehat. Tapi, tentu saja, apakah ingin menjadi barang mahal atau barang murah jelas sebuah kebebasan. Silahkan memilihnya sendiri. Bebas-bebas saja kok. Mau sadar atau tidak kitalah yang menentukan!! Mau selamat atau celaka kelak di akhirat kitalah yang menanggungnya. Mengapa manusia banyak yang merasa nyaman dalam kesalahan dan ketaksadaran? Karena Tuhan tidak langsung menghukum setiap pelanggaran. Dia memberikan waktu yang panjang kepada kita untuk berfikir dan berubah. Itulah kasih sayang-Nya yang tiada tara pada hamba-Nya sebelum celaka di akhirat kelak. Sesuai dengan Rasulullah SAW bersabda:
"Ada dua golongan penghuni neraka yang aku
belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam
cambuk yang mirip ekor sapi untuk memukuli orang lain dan wanita-
wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok.
Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk
surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga
itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian." (HR. Muslim)
Ø Tinjauan : Selama saya mulai tinggal di Yogyakarta ini banyak sekali
cewek yang tidak menutupi auratnya.Semua itu saya lihat banyak sekali ditempat
tertentu contohnya saja di Malioboro mereka malah seperti mengumbar auratnya
supaya dilihat orang seperti sexy begitu.Padahal itu termasuk dalam
penyimpangan akhlak kepada masyarakat.
Ø Solusi : Perlunya penanam agama pada setiap
orang dari kecil sampai orang itu mau meninggal dunia.Khususnya pada cewek
perlunya penjelasan tentang agama yang berkaitan pada hukumnya wanita yang
tidak menutupi auratnya dari orang tua,masyarakat,dan lembaga pendidikan.
( Zukry Andi Atmaja )
4.Penyimpangan ahlaq kepada diri sendiri
Ø pengertian
Yaitu bentuk penyimpangan yang menyakiti dirinya
sendiri
Seperti :
a.mabuk
mabukan (khamar)
Arak adalah istilah yang punya banyak pengertian. Salah satunya adalah
khamar, yaitu minuman yang memabukkan bila diminum.Bila yang dimaksud dengan arak adalah khamar yang kalau diminum akan memberikan efek mabuk, maka tentu saja bila arak itu dicampurkan ke dalam sebuah masakan, maka masakan itu ikut jadi haram.
Sebaliknya, bila sebuah bahan tertentu disebut sebagai arak, namun kalau diminum tidak memabukkan, bahkanbuat orang yang sama sekali belum pernah minum khamar sekalipu, maka istilah arak yang berhenti pada sebutan, bukan pada hakikatnya. Hakikatnya kalau memang tidak memabukkan bukanlah khamar. Dan kalau bukan khamar, maka tidak mengapa bila dicampurkan ke dalam masakan.
Dalam hal ini, Rasulullah SAW memberikan definisi yang mudah tentang pengertia khamar:
Semua yang memabukkan berarti khamar, dan setiap khamar hukumnya haram.” (Riwayat Muslim)
Aturan larangan (pengharaman)
minuman keras (khamar) berlaku untuk seluruh umat Islam serta tidak ada
perkecualian untuk individu tertentu. Yang dilarang dalam Islam adalah tindakan
meminum khamar itu sendiri, terlepas apakah si peminum tersebut mabuk
atau tidak. Hal ini cukup jelas dinyatakan dalam surat Al-Maidah ayat 90:
“Hai orang-orang yang beriman,
sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi
nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah
perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”
b.memakai
narkoba
Arti Definisi & Pengertian Narkoba Dan Golongan/Jenis Narkoba Sebagai Zat Terlarang
Tue, 27/11/2007 - 11:55pm — godam64
Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti
perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh
manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain
sebagainya.Narkoba dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu :
1. Narkotika - untuk menurunkan kesadaran atau rasa.
2. Psikotropika - mempengaruhi psikis dari pengaruh selektif susunan syaraf pusat otak
3. Obat atau zat berbahaya
Dari segi efek dan dampak yang ditimbulkan pada para pemakai narkoba dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan / jenis :
1. Upper
Upper adalah jenis narkoba yang membuat si pemakai menjadi aktif seperti sabu-sabu, ekstasi dan amfetamin.
2. Downer
Downer adalah golongan narkoba yang dapat membuat orang yang memakai jenis narkoba itu jadi tenang dengan sifatnya yang menenangkan / sedatif seperti obat tidur (hipnotik) dan obat anti rasa cemas.
3. Halusinogen
Halusinogen adalah napza yang beracun karena lebih menonjol sifat racunnya dibandingkan dengan kegunaan medis.
Keterangan :
Untuk mengetahui narkoba lebih lanjut anda dapat mencari melalui fitur search pada kolom sebelah kiri situs organisasi.org ini.
c.memakai
tato pada tubuh
mentato, berarti ada suatu bagian tubuh kita yang berubah,
dalam artian kulit yang tadinya bersih tapi sekarang ada gambar ular naga
raksasa atau kulit yang tadinya mulus tiba-tiba muncul gambar tato hello kitty,
dan seterusnya. Dan ini harus kita pertanggung jawabkan semuanya di alam kubur
dan akhirat nanti saat kembali kepada-Nya. Karena kita bukanlah Al-Khaliq
(Maha Pencipta), maka kita tidak berhak untuk merubah bentuk ciptaan-Nya yang
sudah sempurna. Jadi, ini adalah alasan yang pertama
mengapa tato diharamkan.
Selanjutnya hal ini diperjelas oleh Rasululullah SAW dalam
hadits shahih-nya: “Allah SWT melaknat wanita yang
menyambung rambutnya dan yang meminta disambungkan, wanita yang mentato dan
yang meminta ditatokan.” (HR. Bukhari no. 5933)
mengapa tato diharamkan karena itu
adalah najis.
Hikmah Dilarang Bertato dari segi medis
Apa yang saya temui dalam setiap perintah atau
larangan dalam Islam, pastilah terdapat suatu hikmah yang besar, termasuk di
dalam dunia pertatoan ini. Berbicara dari segi medis, fakta menunjukkan bahwa
orang yang bertato memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan berbagai jenis
penyakit di bawah ini secara gratis:
-
HIV / AIDS
-
Hepatitis B dan C
-
Tetanus
-
Abses atau bisul bernanah
-
Infeksi kronis
-
Migrain
-
Gangguan syaraf
-
Systemic lupus erythematosus atau penyakit Lupus
-
Dan berbagai macam jenis penyakit lainnya
d.membunuh
dirinya sendiri
Bunuh diri (dalam bahasa
Inggris: suicide; dalam budaya Jepang dikenal istilah harakiri)
adalah tindakan mengakhiri hidup sendiri tanpa bantuan aktif orang lain. Alasan
atau motif bunuh diri bermacam-macam, namun biasanya didasari oleh rasa
bersalah yang sangat besar, karena merasa gagal untuk mencapai sesuatu harapan.
Definisi
Bunuh diri adalah perbuatan menghentikan hidup sendiri yang dilakukan oleh individu itu sendiri atau atas permintaannya.Betapapun kebudayaan dan pola pikir manusia, memberikan berbagai alasan dan definisi maksud yang berbeda-beda tentang bunuh diri ini. Namun, tetap saja pada intinya adalah "keputus-asaan".
Sebab orang yang tidak berputus asa dan bersedia tetap menjalani kehidupan seberat dan seburuk apapun, maka ia tidak akan pernah melakukan kegiatan bunuh diri ini. Sebab ia sadar, bahwa hidup ini memang penuh cobaan-cobaan berat dan pahit, jadi bunuh diri baginya hanyalah tindakan sia-sia dan pengecut. Sebab masih banyak hal-hal yang bisa dilakukan dalam hidup ini, dan segala sesuatu pastilah ada batasnya. Sebab betapapun beratnya persoalan, tetap saja ia memiliki batas akhir (penyelesaian), walaupun permasalahan itu harus selesai oleh waktu, tapi ia selesai juga.
Dalam pandangan islam hal ini adalah perbuatan yang sangat keji, dan termasuk dosa yang sangat besar. Dimana, kegiatan bunuh diri ini adalah kegiatan manusia-manusia pengecut/pecundang hidup (looser), sebab kekalahan memang sudah mutlak menjadi milik mereka jika mereka membunuh dirinya sendiri.
Ayat Al-Qur'an tentang larangan bunuh diri
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." (An-Nisa' : 29) "Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur'an)." (QS. Al-Kahfi ; 6)
Ø
Tinjauan
Tentang bartato
berdasarkan
pengalaman ,
saya melihat banyak orang yang memakai tato
pada saat itu , mereka sedang berjalan jalan di malioboro, baik laki-laki maupun perempuan.
setelah perlahan saya
amati ternyata tato tersebut adalah tato pekat , yang di buat dengan cara menyuntikan jarum kepada tubuh, kemudian
dilelehkan dengan pewarna /tinta,yang tidak bisa luntur bila terkena air.
Jadi mungkin orang-orang yang seperti itu
tidak mempunyai ahlaq tentang islam
( edi siswanto)
Ø
Solusi : Perlunya
pengarahan dari orang yang mempunyai pengetahuan agama dan tahu resiko atau
bahaya dari tato itu.Supaya orng yng bertato atau belum tidak melakukannya hal
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar